Rabu, 06 Agustus 2008

Pohon Lo: Tak Aku Jumpa Bungamu

Namanya memang cukup singkat, dan tampak bergaya cina. Namun memang orang-orang di desaku dan hampir semua orang yang kutemui di DIY, juga menyebutnya dengan nama lo. Pohon ini akan banyak kita dijumpai di pinggir sungai. Namun suatu ketika, kita bisa juga mendapatkanya di pekarangan rumah. Atau bahkan menempel di tembek-temboh rumah tua yang lembab dan sedikit basah.

Kata orang nich, siapa saja yang dapat menemukan bunga lo, dia-lah orang yang teranugrahi. Bunga lo memiliki mujizat luar biasa, dapat sebagai penyembuh penyakit atau pula jimat kesaktian. Namun jangan banyak berharap kita akan menjumpai bunga lo. Karena memang pohon ini hampir dapat dikatakan tidak berbunga. Bunga lo yang sarat dengan mujizat memang mitos yang masih hidup di masyarakat. Khususnya kaum klenik.

Pohon lo, kini juga banyak dikoleksi orang dalam bentuk bonsai. Batangnya yang bergetah dan akarnya cukup mudah tumbuh, memang cocok dibuat bonsai. Atau di taman belakang rumah. Tapi sekali lagi, jangan harap anda bisa menemukan bunganya. Dan cerita tentang bunga Lo, tetap menjadi mitos. Sampai saat ini. ....(didik)



Tidak ada komentar: